Halaman

Senin, 09 November 2009

Derby Terpanas di Eropa

Dalam dunia sepakbola kita mengenal istilah derby.Yang dimaksud dengan derby adalah suatu partai sepakbola dimana kedua tim yang bertanding berasal dari satu kota yang sama.

Pertandingan derby biasanya jauh lebih menarik untuk ditonton karena pertandingan tersebut bukan hanya merupakan pertandingan biasa.Di dalam partai derby pasti ada pertaruhan gengsi antara dua klub yang sama-sama ingin menjadi representasi dari kota itu.

Selain itu faktor yang membuat partai derby semakin menarik karena ada latar belakang lainnya,seperti misalnya latar belakang suporter yang berbeda atau bahkan pandangan politik yang berbeda.

Berikut ini adalah daftar derby paling panas yang ada di liga-liga eropa :

1.Fenerbahce VS Galatasaray,dikenal juga dengan derby of istanbul,kota yang terbagi menjadi dua bagian,satu di eropa dan satu di asia.

Serunya derby ini diperkuat oleh faktor kedua tim selalu bertanding untuk memperebutkan gelar juara liga.Biarpun terkadang atmosfer pertandingan membosankan tapi atmosfer dari stadion tetap memberikan kesan yang luar biasa.


2.Roma VS Lazio,dikenal juga dengan nama Il derby capitolino,derby dari kota Roma ini dikenal sebagai derby paling politis di dunia.Kanan vs kiri.

Sebenarnya kedua tim ini bukan merupakan tim yang bergelimang prestasi tapi pertandingan keduanya tetap menjadi salah satu pertandingan yang paling ditunggu-tunggu di dunia.Faktor politik juga membuat derby ini menjadi semakin panas.


3.Celtic VS Rangers,disebut juga the old firm derby,dari kota Glasgow,salah satu derby yang paling tua di dunia dan karena faktor agama,katolik vs protestan.

Pertandingan yang penuh kebencian karena latar belakang religius,Celtic yang berakar irish sehingga menganut katolik serta Rangers yang lebih konservatif yang berakar Scottish dan protestan.

4.Olympiakos Piraeus VS Panathinaikos Athens,permusuhan yang abadi.

Kalau anda ingin menyaksikan pertandingan yang menarik serta atmosfer yang luar biasa,maka pertandingan ini tidak boleh dilewatkan.

5.Red Star Belgrade vs Partizan Belgrade,the veciti derbi,pertandingan yang sangat keras dimana sering terjadi korban terluka dari pihak polisi.


6.Arsenal VS Tottenham Hotspur,derby London Utara,salah satu persaingan paling besar di Inggris.

Pertandingan yang sangat menarik untuk disaksikan dan selalu full of passion.

7.AC Milan VS Inter Milan,derby della madonnina,pertandingan yang penuh gengsi antara dua tim terbaik dari kota Milan.

Pertandingan ini mungkin merupakan yang paling banyak ditunggu-tunggu di seluruh dunia.Dua tim dengan sejarah dan prestise yang luar biasa.

8.Benfica VS Sporting Lisbon,the O Classico,derby dua tim ibu kota yang memiliki segudang prestasi.

Kedua tim merupakan tim yang paling sukses di Portugal.Stadion selalu dipenuhi oleh penonton.

9.Spartak Moscow VS CSKA Moscow,derby antara kedua tim yang memiliki suporter sangat banyak di seluruh Rusia.

Spartak merajai sepak bola Rusia pada tahun 90-an tapi akhir-akhir ini CSKA mulai bisa menggeser dominasi Spartak dengan menjadi juara liga pada tahun 2002 dan 2006.

10.Real Madrid VS Atletico Madrid,El Derbi Madrileno,derby antara dua tim ibukota Spanyol.

Biarpun berbeda jauh dari segi prestasi namun partai ini merupakan salah satu partai yang paling ditunggu-tunggu oleh pencinta sepak bola Spanyol dan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar