Rabu, 09 November 2011

Alan Pardew,Kunci Sukses Newcastle

Penikmat serta pengamat sepakbola akhir-akhir ini mungkin dikejutkan dengan pencapaian luar biasa Newcastle United.Hingga pekan ke-11 Barclay's Premier League,The Toon Army menempati posisi ke-3 klasemen dengan catatan sama sekali belum terkalahkan.

Pencapaian luar biasa tersebut tidak lepas dari peran Alan Scott Pardew,pria berkebangsaan Inggris yang sebelumnya dikenal ketika menangani tim-tim kecil liga Inggris.Kedatangan Pardew di St. James' Park pada awalnya disambut dengan keraguan karena hengkangnya pilar-pilar penting Newcastle semisal Jose Enrique serta Andy Caroll.Tapi seiring berjalannya waktu,Pardew membuktikan bahwa nama besar bukanlah segalanya.




Pardew bukanlah pelatih yang mengandalkan motivasi-motivasi lewat kata-kata.Pardew juga bukan pelatih yang dianugerahi transfer budget yang luar biasa selayaknya Roberto Mancini di Manchester City.Pardew merupakan pelatih yang menitikberatkan pentingnya kerja keras dalam sesi latihan bagi skuad Toon Army.Ia lebih mengutamakan pentingnya kerjasama sebagai sebuah tim ketimbang hanya mengandalkan sosok superstar.Seperti dikutip dari sundaysun,With the likes of Ronaldo and Messi you have this fantastic individuals who can take you to another level in a good team. But you need the team first”.Pardew berani menjual pilar-pilar utama Newcastle sebelumnya dan menggantinya dengan nama-nama yang masih asing bagi kita seperti Demba Ba dan Yohan Cabaye.

Keberanian Pardew bereksperimen dengan memainkan Ryan Taylor di posisi bek kiri juga patut diacungi jempol.Eksperimen tersebut terbukti sangat berhasil,hal tersebut dibuktikan dengan ciamiknya penampilan Taylor sepanjang musim ini.Bahkan dia mencetak satu gol spektakuler ke gawang Everton pada akhir pekan lalu.
Dengan BPL yang masih menyisakan banyak pertandingan ke depannya,banyak yang meragukan Newcastle bisa mempertahankan raihan fantastis mereka sampai saat ini.Ditambah lagi Newcastle belum menghadapi tim-tim papan atas seperti City,MU, dan Chelsea.Tapi pardew tetap menebarkan optimisme bagi fans setia Toon Army,seperti yang terlihat dari ucapannya yang dikutip dari The Guardian "If they want to dream of the Champions league, let them dream on. It's fantastic."




SELESAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar