Rabu, 02 November 2011

Juventus Meretas Kejayaan


Semua penikmat sepakbola negeri  spaghetti mau-tidak-mau harus setuju dengan judul di atas.Sampai giornata ke-9 serie A musim 2011/2012, il bianconeri masih menjadi capolista hasil dari mengemas 5 kali kemenangan,4 kali hasil imbang, dan tanpa sekalipun menderita kekalahan.

Adalah seorang Antonio Conte,mantan il capitano Juventus yang mengoleksi 295 caps bersama Juve,yang meretas kembalinya masa kejayaan il bianconeri dengan peran barunya sebagai pelatih.



Apa sebenarnya yang menjadi kunci kesuksesan Juventus dibawah kepemimpinan Antonio Conte sampai giornata ke-9 ini? Salah satunya adalah permainan menyerang dengan formasi 4-4-2.Banyak rumor yang beredar di kalangan pengamat sepakbola bahwa Conte menggunakan formasi  4-2-4,formasi yang digunakan timnas Brazil 1970,salah satu timnas terbaik sepanjang sejarah.

Tetapi sebenarnya Conte tidak menggunakan formasi legendaris itu,yang notabene sudah sangat jarang dipakai di era sepakbola modern,formasi yang diusung conte adalah formasi 4-4-2 dengan kedua winger bermain lebih ke atas ketika menyerang dan kemudian kembali sejajar dengan pemain tengah ketika kehilangan bola.

Kunci dari pola permainan yang dikembangkan Conte ini ada pada sosok Andrea Pirlo.Pirlo menunjukkan performa yang luar biasa sepanjang musim ini.Dia lah mastermind dari permainan anak asuh Conte.Dengan ditopang oleh gelandang-gelandang seperti Claudio Marchisio dan Arturo Vidal,yang bertipikal energik,Pirlo semakin leluasa mengembangkan kreativitasnya.

So,menarik untuk diperhatikan apakah juve dibawah asuhan Conte bisa mengembalikan kejayaan il bianconeri yang sudah lama hilang.Kita tunggu saja.

SELESAI

Image : corriere.it

Tidak ada komentar:

Posting Komentar